Salam Umat Islam

aduh malem2 gak bisa tidur nih, mungkin karena kurang aktifitas kali yah….!

iseng2 tadi nyoba baca2 buku ngaji bokap atau mungkin bisa disebut kitab kali ye….!! eh ternyata isinya bagus banget. Banyak banget pengetahuan di dalemnya. Salah satunya membahas masalah salam.

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda : “kamu sekalian tidak akan masuk surga sebelum beriman, dan kamu sekalian tidaklah beriman sebelum saling sayang menyayangi. Maukah aku tunjukan sesuatu yang apabila kamu kerjakan niscaya kamu sekalian akan saling sayang menyayangi? Yaitu sebarluaskanlah salam di antara kamu sekalian”. (Riwayat Muslim)

Dari ‘Imran bin Al Hushain r.a. berkata : “ada seseorang datang kepada Nabi saw. Dan mengucapkan : “Asslaamu ‘alaikum”. Salam itu dijawab oleh beliau, dan orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda : “sepuluh”.

setelah itu datang lagi seseorang dan mengucapkan “Asslaamu ‘alaikum warahmatullaah”. Salam itu dijawab oleh beliau, dan orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda : “Dua puluh”

setelah itu datang lagi seseorang dan mengucapkan “Asslaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh”. Salam itu dijawab oleh beliau, dan orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda : “Tiga puluh”

kalo aku sih mengartikannya, kalo kita memberi salam dengan lebih lengkap maka kita bakalan dapet pahala yang lebih juga, ketimbang menjawab salam kurang lengkap.

Allah ta’ala berfirman : “Apabila kamu sekalian diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah penghormatan itu dengan yang serupa”.

tuh..berarti kalo menurut aku kalo kita diberi salam oleh seseorang berarti kita udah diberi suatu penghormatan ama orang itu yah…!!

Iklan

Ramadhan Itu Indah

Jika ditanya, bagaimana perasaan Anda jika Ramadhan datang menghampiri Anda? Senang, pasti itulah jawabannya. Betapa tidak? Di bulan yang dinanti jutaan umat Islam di seluruh dunia ini, terkandung banyak keutamaan dan kemuliaan. Tak heran jika Nabi Muhammad SAW mengatakan bulan ini termasuk bulan terbaik dari bulan-bulan lainnya. Apalagi, di dalamnya ada satu malam (Lailatul Qadr), sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan.Karena itu, tak heran, jika setiap orang di seluruh dunia berbahagia menyambut kedatangannya. Mereka akan berburu pahala dengan berlomba-lomba dalam kebaikan dan ibadah. Baca lebih lanjut

Bohong yang diperbolehkan dalam islam

perlu diketahui bahwa bohong atau dusta itu pada dasarnya diharamkan tetapi dalam beberapa hal diperbolehkan. Perkataan adalah merupakan jalan untuk menyampaikan sesuatu yang dimaksud. Apabila sesuatu yang dimaksud itu mengandung kebaikan dan bisa disampaikan tanpa dusta, maka dusta itu adalah haram, tetapi jika tidak bisa disampaikan kecuali harus berbohong maka bohong itu diperbolehkan bahkan dalam hal ini ada dusta yang diwajibkan, misalnya ada seorang muslim yang bersembunyi dari orang yang menganiayanya dimana ia akan dibunuh atau akan dirampas hartanya kemudian ada seseorang yang jahat yang menanyakan keberadaannya, maka orang yang mengetahui keberadaan orang yang terancam itu wajib berdusta (tidak boleh menunjukan walau tau keberadaannya) demikian juga bila seseorang dititipi sesuatu kemudian ada seseorang yang bermaksud merampoknya maka ia harus berdusta (tidak boleh mengaku). Hal ini berdasarkan hadist berikut :

Dari Ummu Kultsum r.a. bahwasanya ia mendengar rasulullah saw. bersabda : “Tidaklah dinamakan pendusta (walaupun dia berdusta) orang yang mendamaikan persengketaan orang lain yang akhirnya mendatangkankebaikan atau akan menjadikan orang lain berkata dengan perkataan yang baik”. (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat Muslim ada tambahan yaitu bahwasanya Ummu Kultsum berkata : “Saya tidak pernah mendengar Rasulullah saw. memperbolehkan berdusta dalam segala sesuatu yang diucapkan kecuali dalam tiga hal yaitu :

1. dalam peperangan
2. mendamaikan persengketaan orang lain
3. dan pembicaraan suami pada istrinya serta pembicaraan istri kepada suaminya”